Sistem pengering beku

2022-09-08 09:08:54

Sistem pengering beku Sistem pengering beku (juga dikenal sebagai liofilisasi) adalah proses penghilangan air yang biasanya digunakan untuk mengawetkan bahan yang mudah rusak, dengan tujuan memperpanjang umur simpan dan/atau mempersiapkannya untuk transportasi. Sistem pengering beku bekerja dengan cara membekukan bahan, kemudian menurunkan tekanan dan menambahkan panas sehingga memungkinkan air beku dalam bahan berubah langsung menjadi uap (sublim). Pembekuan adalah fase paling kritis dari sistem pengering beku, dan ada banyak metode untuk itu. Pembekuan dapat dilakukan di dalam freezer, freezer atau di rak dalam sistem freeze dryer. 


Mendinginkan material di bawah titik tripel memastikan bahwa sublimasi, bukan peleburan, akan terjadi. Ini mempertahankan bentuk fisiknya. Fase kedua sistem pengering beku adalah sublimasi, di mana tekanan diturunkan dan panas ditambahkan ke bahan untuk menyublimkan air. Vakum mempercepat sublimasi. Kondensor dingin menyediakan permukaan bagi uap air untuk menempel dan mengeras. Kondensor juga melindungi pompa vakum dari uap air. Produk mentah beku dipotong sesuai ukuran potongan yang diinginkan dan disebarkan secara merata ke nampan yang ditumpuk dan disimpan dalam freezer. Produk berukuran besar membeku pada suhu yang lebih dingin, mencapai kondisi optimal di mana bentuk asli produk dapat dipertahankan. Baki-baki tersebut kemudian dimasukkan ke dalam ruang pengering beku berpendingin yang tertutup rapat. 


Sistem vakum ruang menghilangkan es dari produk dan mengubahnya langsung menjadi uap tanpa bergerak melalui keadaan cair, dalam proses yang disebut sublimasi. Karena air dikeluarkan dari produk dalam keadaan beku, struktur sel tetap utuh dan produk jadi sangat mirip dengan produk segar, sehingga mempertahankan identitas bagiannya. Sistem pengering beku mempertahankan nilai gizi lebih baik daripada metode pengeringan lainnya, lebih lanjut mendukung keinginan konsumen akan nutrisi dari makanan utuh. Proses sistem pengering beku juga mempertahankan warna dan bentuk sebenarnya dari bahan baku asli, meyakinkan konsumen bahwa mereka mendapatkan buah dan sayuran asli dalam makanan mereka. Rasa dan aroma yang kuat dari bahan beku-kering juga sangat mirip dengan profil bahan baku.

Pertanyaan