Sistem pengeringan beku

2022-09-08 09:07:53

Sistem pengeringan beku Sistem pengeringan beku, juga dikenal sebagai liofilisasi, adalah proses dehidrasi suhu rendah yang melibatkan pembekuan produk, menurunkan tekanan, kemudian menghilangkan es dengan sublimasi. Ini berbeda dengan dehidrasi dengan kebanyakan metode konvensional yang menguapkan air menggunakan panas. Karena suhu rendah yang digunakan dalam proses pengeringan beku, kualitas produk rehidrasi sangat baik. Jika benda padat seperti stroberi dibekukan, bentuk asli produk tetap dipertahankan.


 Jika produk yang akan dikeringkan adalah cairan, seperti yang sering terlihat dalam aplikasi farmasi, sifat instan dari produk akhir dioptimalkan dengan kombinasi eksipien (yaitu, bahan tidak aktif). Aplikasi utama dari sistem pengeringan beku termasuk biologis (misalnya, bakteri dan ragi), biomedis (misalnya, transplantasi bedah), pengolahan makanan (misalnya, kopi) dan pengawetan. Sistem pengeringan beku, atau liofilisasi, menghilangkan kelembapan dari produk mentah yang dibekukan melalui sistem vakum dan proses yang disebut sublimasi. Produk mentah beku dipotong sesuai ukuran potongan yang diinginkan dan disebarkan secara merata ke nampan yang ditumpuk dan disimpan dalam freezer. Produk berukuran besar membeku pada suhu yang lebih dingin, mencapai kondisi optimal di mana bentuk asli produk dapat dipertahankan. 


Baki-baki tersebut kemudian dimasukkan ke dalam ruang pengering beku berpendingin yang tertutup rapat. Sistem vakum ruang menghilangkan es dari produk dan mengubahnya langsung menjadi uap tanpa bergerak melalui keadaan cair, dalam proses yang disebut sublimasi. Karena air dikeluarkan dari produk dalam keadaan beku, struktur sel tetap utuh dan produk jadi sangat mirip dengan produk segar, sehingga mempertahankan identitas bagiannya. Sistem pengeringan beku mempertahankan nilai gizi lebih baik daripada metode pengeringan lainnya, lebih lanjut mendukung keinginan konsumen akan nutrisi dari makanan utuh. Proses ini juga mempertahankan warna dan bentuk asli dari bahan baku asli, meyakinkan konsumen bahwa mereka benar-benar mendapatkan buah dan sayuran asli dalam makanan mereka. Rasa dan aroma yang kuat dari bahan beku-kering juga sangat mirip dengan profil bahan baku.

Pertanyaan